Museum Negeri Kupang

  Hai team sekitaran Kupang udah dekat musim liburan nih, masih bingung mau liburan dimana? Cari destinasi liburan seru sekaligus menambah wawasan kamu? Jangan khawatir! Yuk berkunjung ke Museum Negeri Kupang.  

  Selagi liburan kamu juga bisa belajar mengenai sejarah kota Kupang loh. Yuk simak beberapa hal seru yang bisa kamu temukan di museum kota Kupang. 

Museum Negeri Kupang 

    Museum ini didirikan pada tahun 1977 dengan luas wilayahnya yang sekitar 3 Ha (Hektare) menyimpan berbagai benda peninggalan bersejarah. Berlokasi di JL Eltari II, Oesapa Selatan, kota Kupang yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Eltari. Beberapa peninggalan yang cukup terkenal diantaranya : 

1. Fosil Gajah Flores

   Fosil gajah purba yang ada di Museum kota Kupang telah berumur sekitar 700 ribu tahun yang ditemukan di Desa Nagerawe, Kecamatan Boawae, Kabupaten Nagekeo, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Jika kamu pernah menonton kartun Ice Age mungkin gambarannya akan seperti itu, jadi tunggu apalagi sekarang kamu bisa melihat kerangkanya di dunia nyata.

2.  Fosil Paus raksasa

   Fosil ini merupakan paus raksasa yang terdampar sekitar tahun 1970, diperairan pantai Oeba dengan pajang kurang lebih 18 meter. Kerangka ikan paus raksasa saat itu masih disimpan di Kampus Universitas Nusa Cendana kemudian di pindahkan ke Museum Negeri Kupang setelah diresmikan pada tahun 1980. 

3. Fosil manusia purba 






Fosil gigi dari mata menge atau manusia purba yang ditemukan di daerah Cekungan Soa, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, NTT. Fosil ini ditemukan pada 8 Oktober 2014, oleh peneliti Museum Geologi, Bandung, saat melakukan ekskavasi, dan dipublikasikan di Jurnal Nature, oleh peneliti vertebrata University of Wollongong Australia, Van den Bergh. Foto : Van den Bergh. 

4. Replika fosil Homo Floresiensi





  (Source pict from CNN Indonesia)

  Replika ini akan membantu kamu belajar lebih mengenal sejarah manusia purba yang sering kita baca dalam buku sejarah team.  

   Oke team itu beberapa peninggalan yang bisa aku share. Mau tahu lebih lengkap koleksi bersejarahnya, cuss berkunjung ke Museum Negeri Kupang, biar kamu tidak ketinggalan informasi seru tentang sejarah kota Kupang. 

    




Komentar

Postingan Populer